Go to Top

UKM Star

Airi's kitchen

IMG_4193Airi’s kitchen adalah sebuah restaurant yang menyediakan makanan malaysia-singapore-indonesia yang berlokasi di wilayah Kota Harapan Indah 2, Bekasi Utara berdiri sejak 3 tahun yang lalu. Sejak berdiri hingga kini karyawannya sudah mencapai 10 orang.

Tantangan terbesar yang dihadapi Airi’s kitchen adalah mempertahankan karyawan yang seringkali komitmennya rendah. Di awal usahanya, Airis’s kitchen kewalahan mencari karyawan baru karena karyawan lama tidak hentinya keluar masuk.

Untuk itu Airi’s kitchen mulai menerapkan beberapa strategi. Strategi utama yang dilakukan adalah membangun budaya kerja dan jg memperbaiki sistem kompensasinya. Dimulai dari proses rekrutmen, Tingkat pendidikan karyawan tidak menjadi syarat utama, asalkan jujur, serius ingin bekerja dan komitmen, Airi’s Kitchen melakukan training singkat untuk para karyawan baru serta menyediakan SOP yang lengkap untuk masing-masing posisi dan tugas, review dilakukan tiap akhir bulan untuk karyawan baru selama 3bln kemudian dilanjutkan setiap 2bulan sekali untuk mengulang dan memastikan semua tugas berjalan sebagaimana mestinya. Sistem kompensasi tidak terbatas hanya pada besarnya uang dibawa pulang. Namun Airi’s pun harus merubah sistem jam kerja, menyediakan tempat tinggal bagi karyawan serta menyediakan makan sepuasnya 3x setiap harinya.

Salah satu budaya kerja yang digalakkan adalah disiplin, dimulai dari disiplin menggunakan seragam Airi’s kitchen. Seragam ini selain berfungsi untuk promosi juga berfungsi membuat para karyawan merasa ada satu benang merah solidaritas di antara pemakai seragam. Selain itu seragam juga membangun mindset bahwa selama mereka menggunakan seragam maka mereka masih dalam jam kerja dan selalu siap siaga. Saat bekerja karyawan juga tidak boleh memegang HP, terutama di jam-jam sibuk.

Tempat tinggal sangatlah penting agar jam kerja karyawan itu tepat waktu, siapa pada jam yang dibutuhkan selain itu ada ruang pribadi yang dekat ruang kerja membuat karyawan lebih rileks dalam bekerja. Mereka masih bisa shalat dan istirahat di saat pengunjung tidak ramai.

Karena Airi’s kitchen bergerak di bidang kuliner, maka adalah sangat riskan jika membiarkan karyawannya kelaparan. Kelaparan dapat saja mendorong karyawan jadi merusak integritas pribadinya sendiri. Untuk itu Airi’s kitchen menyediakan makanan dari menu yang ada untuk dimakan karyawannya 3x sehari sepuasnya. Namun memang, diarahkan agar yang dikonsumsi adalah slow moving menu saja sehingga ada keseimbangan antara omset dan biaya bahan baku.

Briefing singkat sebelum mulai bekerja juga selalu dilakukan oleh para leader, untuk mengulang lagi bagaimana memberikan pelayanan yg prima untuk para pelanggan dan mengecek kesiapan pekerja dari seragam, posisi tugas dan pemahaman produk.

Sebagai penghargaan karyawan yang telah bekerja dengan rajin dan semangat, setiap 3 bulan sekali dilakukan penilaian dan diberikan insentif guna memicu semangat kerjanya agar lebih baik lagi dan bisa menjadi contoh rekan kerja lainnya. Penilaian dari segi seragam, tepat waktu dan persentasi kesalahan dlm pelaksanaan tugasnya.

Karyawan Airi’s Kitchen yg sudah bekerja lewat dari 1th didaftarkan Jamsostek dan BPJS kesehatan sebagai bentuk kompensasi kesejahteraan dan rasa aman bahwa untuk kesehatan sudah tertanggung dan pensiun pun sudah terjamin melalui jamsostek tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>